1 Agustus 2011

Martabak ya Trangbulan Marhaban ya Ramadhan

Martabak ya Trangbulan Marhaban ya Ramadhan...

Salam untuk mengawali bulan puasa tahun 2011 Masehi atau 1432 Hijriyah.
Mungkin sangat luar biasa pada tahun ini hari pertama puasa tepat pada tanggal 1; 1 Agustus 2011 dan bisa dihitung tepat 30 hari penuh (pun kalau tak ada kontroversi :D). Bukankah itu suatu berkah, rahmah... hehehe...

Sepertinya pada tahun ini akan lancar-lancar saja dalam bulan ramadhan, mengapa? Karena tidak ada berita kontroversial mengenai "balap puasa" (istilah sendiri ini). Apa itu "balap puasa"? Menurut, "balap puasa" adalah penentuan waktu puasa atau isbat (mohon maaf kalau salah, ga trlalu paham) yang menjadi debat, contohnya "Group saya puasanya besok saja, bulannya belum tepat kok," "Menurutku hari ini sudah harus puasa lho pak??? Masa puasanya cuma setengah hari???"
seperti itu kan justru menjadi perdebatan, entah masyarakat kita yang suka berdebat. Namun hal tersebut sepertinya menjadi pelajaran untuk menghargai perbedaan dan menguji pertahanan amarah.

Hari ini masih hari pertama, mungkin bagi para pelaku puasa yang belum begitu terbiasa rasanya sangat menderita, "aaa... laperrr beudt nich..." (ambil bahasa alay, soalnya yg kaya gni biasanya para ababil). Tetapi bagi yang terbiasa puasa [entah itu puasa sunnah atau memang puasa karna kesederhanaan diri (penulis bngt yg ni, hehe)] mereka akan mencari aktivitas yang menurutnya menyenangkan pastinya tak membosankan, misal: nge-game, nge-blog, ngaskus gan... atau barangkali justru masak buat buka... ni aktivitas yang sangat penuh ujian, pikir saja sendiri. Untuk para lazier mungkin tidur abis subuhan tuh jadi alternatif, berdalih "tidur kan ibadah kalau di bulan ramadhan," ya tak apalah Maha Pengasih lagi Penyayang.

Masih lama ini, baru start aja udah mengeluh... Semangat dong... Kata Bang Haji Rhoma kan "bersusah-susah dahulu, senang kemudia-a-an..." Puasa-puasa dahulu, lebaran kemudian... Berkahnya di sini-ni...

Sampai jumpa lebaran nanti ya... Selamat menunaikan puasa Ramadhan 1432H dulu ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar